Don't Miss

13 Tim Akan Bersaing Memperebutkan 7 Tiket di Matchday Penentu

Majalah bola – Sembilan tim telah memastikan diri menempati babak 16 besar Liga Champions. Tersisa tujuh tempat lagi yang akan menjadi rebutan 13 klub di matchday 6 pada tengah pekan mendatang.

Sampai dengan matchday 5 lalu sudah terdapat Real Madrid, Manchester City, Zenit St Petersburg, Barcelona, Bayern Munich, Paris Saint-Germain, Atletico Madrid, Benfica, dan juga Juventus yang sudah memastikan langkah ke babak 16 besar.

Masih tersisa tujuh tiket lagi yang akan diperebutkan untuk babak tersebut dan UEFA.com juga sudah mencata 13 klub akan memperebutkannya, seperti Arsenal, BATE Borisov, Chelsea, Dynamo Kiev, Gent, Bayern Leverkusen, Manchester United, Olympiakos, Porto, PSV, AS Roma, Valencia dan Wolfsburg.

Dalam memasuki macthday penetu, tengah pekan ini tim-tim dari grup A hingga D akan lebih dulu bertanding, pada Rabu 9 Desember mendatang, disusul tim-tim Grup E hingga H pada hari kamis 10 Desember mendatang.

Selain perebutkan tiket babak 16 besar dengan finis dua besar pada klasemen grup, juga akan ada perebutan posisi tiga agar bisa bertahan di Eropa dengan tampil di ajang Liga Europa.

Inilah gambaran dari setiap grup-grup tersebut seperti yang telah dirangkum oleh UEFA.com:

Grup A:

  • Real Madrid (13 point, lolos) melawan Malmo (3)
  • Paris Saint-Germain (10, lolos) vs Shakhtar Donetsk (3)

– Madrid telah sukses menjuarai grup, PSG finis kedua.
– Shakhtar mengungguli Malmo dalam head to head sehingga akan finis ketiga dengan kemenangan, atau selama mereka menyamai hasil Malmo di laga lain.

Grup B:

PSV (7) vs CSKA Moskow (4)

Wolfsburg (9) vs Manchester United (8)

– Wolfsburg bakal lolos dengan sebuah hasil seri dan memastikan tempat pertama dengan sebuah kemenangan.
– MU akan lolos dan menjuarai grup dengan sebuah kemenangan.
– PSV bakal lolos dengan sebuah kemenangan, atau hasil seri kalau MU kalah berkat keunggulan head to head atas United. Jika PSV menang dan partai lain di grup ini seri, PSV dan Wolfsburg akan berebut tempat pertama dengan berdasar selisih gol karena head to head mereka setara.
– CSKA akan finis ketiga di atas PSV kalau bisa meraih kemenangan berkat keunggulan head to head.

Grup C:

Benfica (10, lolos) vs Atletico Madrid (10, lolos)

Galatasaray (4) vs Astana (3)

– Benfica dan Atletico sudah lolos; Benfica akan finis teratas dengan kemenangan atau hasil seri.
– Astana harus menang di Turki untuk mengungguli Galatasaray dalam perebutan posisi tiga.

Grup D:

Manchester City (9, lolos) vs Borussia Moenchengladbach (5)

Sevilla (3) vs Juventus (11, lolos)

– Juventus cuma akan kehilangan posisi teratas kalau kalah dan City menang.
– Sevilla punya keunggulan head to head atas Gladbach. Artinya si wakil Spanyol akan finis ketiga kalau mereka menang dan si klub Jerman gagal meraih poin penuh.

Grup E:

Bayer Leverkusen (5) vs Barcelona (13, lolos)

Roma (5) vs BATE Borisov (4)

– Barcelona sudah menjuarai grup.
– Roma unggul head to head atas Leverkusen dan akan lolos ke babak 16 besar dengan kemenangan.
– Leverkusen butuh kemenangan dan berharap Roma tidak meraih poin penuh agar bisa finis di dua besar. Sebuah hasil seri memastikan Leverkusen finis ketiga apa pun hasil di partai lain.
– BATE harus menang untuk bertahan di Eropa dan agar bisa finis kedua juga meti berharap Leverkusen tidak menang.

Grup F:

Olympiakos (9) vs Arsenal (6)

Dinamo Zagreb (3) vs Bayern Munich (12, lolos)

– Bayern sudah menjuarai grup.
– Olympiakos menang 3-2 di markas Arsenal jadi The Gunners harus meraih hasil lebih baik di Yunani agar bisa balik mengungguli lawannya itu secara head to head. Sebuah hasil 3-2 untuk Arsenal juga akan cukup bagus untuk Arsenal demi lolos dalam selisih gol keseluruhan jadi artinya mereka akan lolos dengan kemenangan asalkan bukan dengan skor mulai dari 1-0 atau 2-1.
– Dinamo Zagreb sudah tersingkir dari pentas Eropa.

Grup G:

Chelsea (10) vs Porto (10)

Dynamo Kyiv (8) vs Maccabi Tel-Aviv (0)

– Pemenang partai Chelsea vs Porto akan menjadi juara grup. Porto mengalahkan Chelsea 2-1 pada matchday 2 sehingga akan memuncaki grup dengan hasil seri asalkan Dynamo tidak menang.
– Chelsea akan lolos di posisi dua dengan sebuah hasil seri.
– Dynamo akan lolos dengan sebuah kemenangan; kalau pertandingan lain berakhir imbang, tiga tim dengan poin setara yang ada akan ditentukan lewat selisih gol di antara tim-tim yang terlibat, berarti Dynamo finis pertama, Chelsea kedua, dan Porto ketiga.
– Maccabi sudah tersingkir dari pentas Eropa.

Grup H:

Gent (7) vs Zenit (15, lolos)

Valencia (6) vs Lyon (1)

– Zenit sudah menjuarai grup. Kalau mereka menang dan Valencia tak meraih kemenangan maka Zenit akan menjuarai grup dengan selisih 11 poin yang menyamai rekor kompetisi ini.
– Gent akan lolos dengan sebuah kemenangan atau jika Valencia tak meraup poin penuh (Gent punya keunggulan head to head). Maka Valencia harus menang dan berharap Gent tidak meraih hasil serupa, walaupun keduanya dipastikan aman di tiga besar.
– Lyon sudah tersingkir dari pentas Eropa.

agen bola