Agen Bola

Yoo Jae Hoon Kangen Sepak bola Indonesia

Majalah bola – Kiper asal Korea Selatan, Yoo Jae Hoon terpukau fanatisme suporter sepak bola di Indonesia. Mantan kiper Persipura Jayapura itu mengaku rindu merasakan atmosfer sepak bola di Indonesia lagi.

Hiruk pikuk kompetisi Sepak bola di Indonesia (Indonesia Super League) mampu memikat para pemain asing untuk berkiprah dan sekaligus mencari nafkah. Sejak pertama di gelar tahun 2008 silam, ratusan pemain asing tercatat bermain di klub-klub papan atas di Tanah Air.

Dari hiruk pikuk itu, elemen suporter paling membawa pengaruh akan kelangsungan para pemain asing. Melihat fanatisme yang ditunjukkan suporter tim-tim ISL, mampu membuat para pemain asing tersebut kagum dan betah berada di Indonesia meski bayarannya tak begitu besar seperti negara-negara tetangga Singapura, Malaysia, dan Thailand.

Saat sepak bola Indonesia dilanda kisruh akibat campur tangan Kementerian Pemuda dan Olahraga yang dipimpin Imam Nahrawi, Yoo pun memutuskan untuk kembali ke negaranya. Namun, beberapa bulan tinggal di negaranya, Yoo mengaku kangen dengan euforia sepak bola Indonesia yang saat ini sedang dilanda demam turnamen.

Meski hanya sekadar turnamen, Yoo memastikan ia ingin tetap di sepak bola Indonesia. Suporter menjadi alasan utama bapak satu orang putri ini bertahan.

“Saya sempat balik ke Korea untuk bermain di sana, tapi sedang sepi. Dan saya tidak bisa melupakan suasana suporter yang fanatik di Indonesia,” kata Yoo Jae Hoon, Kamis (31/12/2015).

Ia pun berharap, kisruh sepak bola Indonesia cepat berlalu dan sanksi dari FIFA segera dicabut. Yoo menilai, jika sepak bola Indonesia dibiarkan seperti ini, maka bukan mustahil perkembangan sepak bola Indonesia ke depannya akan berdampak buruk bagi keberlangsungan para pemain profesional, amatir dan tentunya pemain-pemain muda yang tersebar di seluruh pelosok Tanah Air.

“Semoga cepat bergulir kompetisi ISL 2016 dan para pemain bisa kembali beraktivitas lagi termasuk saya dan para pemain lainnya, termasuk para pemain muda,” pungkasnya.