Don't Miss

Alasan Yang Membuat Pemain Indonesia Lebih Memilih Liga Malaysia

Majalah bola – Liga Malaysia menjadi mayoritas pilihan utama sejumlah pemain Indonesia yang ingin merasakan bermain di luar negeri. Terdapat beberapa alasan yang disebut-sebut kenapa Liga Malaysia jauh lebih menarik. Apa saja itu?.

Kompetisi yang Adem

Liga Malaysia terdiri dari dua kasta, yaitu Malaysia Super League (MLS) dan juga Malaysia Premier League (MPL) yang terdiri dari masing-masing 12 klub. Hala tersebut membuat pemain atau pun pelatih asal Indonesia memiliki banyak pilihan, dan ditambah keadaan kompetisi di sana sangat jarang mengalami masalah.

Slot Pemain Asing Jauh Lebih Banyak

Dari pada negara-negara di Asia Tenggara slot pemain asing Liga Malaysia jauh lebih banyak yaitu empat. Berbeda sedikit dengan Liga Thailand yang menggunakan lima pemain asing. Sedangkan di Vietnam, contohnya setiap klub hanya diperbolehkan memakai tiga pemain asing untuk kasta yang tertinggi.

Gaji Jauh Lebih Tinggi dan Lancar

Untuk urusan gaji pemain asing, di Malaysia bisa dibilang jauh lebih tinggi. Makan Konate dikatakan mendapatkan gaji sebesar Rp 2,7 miliar bersama T-Team, sekitar dua kali lipat dari gaji terakhirnya di Persib Bandung. Namun bagi gelandang Andik Vermansha, besar rendahnya gaji di Malaysia buka tujan utamanya, yang terpenting gaji di sana setiap bulannya lancar.

Bahasa Yang Jauh Lebih Muda

Kendala bahasa sering kali menjadi masalah utama bagi pesepakbola tanah air yang ingin berkarier ke luar negeri. Dengan menggunakan bahasa melayu yang tidak jauh berbeda dari bahasa Indonesia, pemain jauh lebih mudah untuk berkomunikasi dengan pelatih ataupun dengan sesama pemain lainnya.

Fasilitas yang Didapat Pemain Lebih Baik

Mendapatkan apartement dan mobil adalah fasilitas standar yang diberikan klub kepada pemain. Namun fasilitas di Malaysia dinilai jauh lebih nyaman. Selain itu, jarak antara Malaysia yang tidak terlalu jauh, sampai pemain lebih mudah pulang pergi ke tanah air jika kompetisi tengah diliburkan atau ada keperluan yang cukup mendesak.

agen bola