Agen Bola

Anak Angkat Ronaldo Resmi Gabung Sporting Lisbon

Bolaviking.com – Martunis, bocah Indonesia yang selamat dari bencana tsunami di Banda Aceh tahun 2004 lalu, mendapat kesempatan untuk memperkuat klub Portugal, Sporting Lisbon.

Langkah Sporting memberi kesempatan kepada Martunis, yang kini berusia 17 tahun itu terinspirasi oleh pemain binaannya yang sekarang menjadi bintang dunia, Cristiano Ronaldo.

Martunis baru berusia tujuh tahun saat tsunami menerpa Banda Aceh, menewaskan 230 ribu orang, termasuk kedua orang tua dan kedua saudaranya. Martunis terkatung-katung di lautan selama 21 hari. Ia selamat dengan cara terus berpegangan pada sebuah sofa yang mengapung.

Ia menjadi buah bibir dunia sepak bola setelah terpotret menggunakan kostum Portugal dengan nama Rui Costa di belakangnya. Federasi Sepak Bola Portugal (FPF) pun mengeluarkan dana 40 ribu Euro ( kurs sekarang 1,2 miliar Rupiah) untuk membangun rumahnya.

Sementara itu, Ronaldo mengunjunginya beberapa kali, memberikan tunjangan pendidikan dan lain-lain, serta mengundangnya berkunjung ke Sporting Lisbon.

“Saya tidak takut karena saya ingin tetap hidup untuk bertemu keluarga saya dan menjadi seorang pesepak bola,” ujar Martunis kala itu.

Ronaldo mengaku sangat kagum dengan aksi heroik Martinus. Menurutnya, orang dewasa pun belum tentu kuat menanggung cobaan hidup yang dialami Martinus.

“Kita harus memberikan respek. Aksinya adalah aksi kekuatan dan kedewasaan. Dia adalah bocah yang istimewa,” kata Ronaldo saat itu.

Pada Kamis 92/7/15) waktu setempat, Lisbon secara resmi memperkenalkan Martunis secara resmi sebagai bagian dari akademi pemain muda di Alcochete, tempat Ronaldo menimba ilmu sepak bolanya.

“Senang sekali berada di sini, klub ini membuat impian saya menjadi mungkin. Viva Sporting!” kata Martunis.

Presiden Sporting, Bruno de Carvalho, menjelaskan bahwa klubnya akan berusaha sekuat tenaga membantu Martunis mengembangkan diri.

“Martunis akan berlatih di akademi ini. Kami akan berusaha bersamanya juga dalam pengembangannya sebagai seorang manusia dan seorang pria dewasa. Membantu mewujudkan mimpi sesama untuk menjalani hidup yang baik adalah bentuk penghormatan terhadap misi klub ini dan perannya dalam masyarakat,” kata sang presiden.