Don't Miss

Asosiasi Pemain di Indonesia Hanya APPI Setelah APSNI Dileburkan

Majalah bola – Dualisme asosiasi pemain di Indonesia akhirnya telah selesai. Setelah terjadi kesepakatan antara Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI) dan Asosiasi Pemain Sepakbola Nasional Indonesia (APSNI), yang difasilitasi oleh PSSI di kantor PSSI Pusat, Jakarta, Selasa (3/11).

Seperti diketahui, sebelumnya dua asosiasi pemain ini sedikit berbeda visi. Selain ingin membantu permasalahan pemain, APSNI memiliki visi untuk menjadi anggota PSSI. Sedangkan APPI, yang memiliki visi dan misi untuk memperjuangkan aspirasi pesepakbola profesional di Indonesia tidak ingin menjadi anggota PSSI, tapi ingin bermitra. Sehingga ada kesejajaran posisi antara PSSI dan APPI, sama seperti FIFPro dengan FIFA.

APPI yang selama ini cukup vokal mengkritisi memang tidak diakui oleh PSSI, namun diakui oleh FIFPro. PSSI hanya mengakui APSNI yang telah disahkan menjadi anggota melalui Kongres PSSI.

“Saya diberi tugas oleh FIFA untuk mempersatukan APPI dan APSNI. Saya sudah mempertemukan mereka dan semua sudah sepakat akan bergabung antara APPI dan APSNI,” kata La Nyalla Mahmud Mattalitti, ketua umum PSSI dalam jumpa pers di kantor PSSI Pusat, Jakarta, Selasa (3/11).

“Yang pasti, APPI di bawah FIFPro dan APPI diakui oleh FIFA. Alhamdulillah dengan jiwa besar Pak Irawadi Hanafi, perwakilan APSNI menerima semua keputusan PSSI,” tambahnya.

agen bola