Don't Miss
Agen Bola

Faktor Cuaca di Inggris Mengharuskan Klopp Megubah Gaya Permainannya

Majalah bola – Gaya sepakbola yang diusung oleh Jurgen Klopp di Jerman tidak bisa 100% dimainkan di Inggris. Klopp harus melakukan penyesuaian-penyesuaian, salah satunya adalah faktor cuaca.

Permainan di Inggris tidak lebih cepat daripada di Jerman. Mungkin terdapat sedikit lebih banyak sprint. Akan tetapi, ada gaya sepakbola yang berbeda di sini, sebgaian karena cuaca, “seru Klopp.

Klopp ditunjuk sebagai manajer Liverpool pada Oktober lalu. Salah satu kendala yang dia hadapi sejak mengasuh di Inggris adalah angin di dalam stadion. Menurutnya, hal tersebut memengaruhi permainan.

Angin bisa sangat kencang di Inggris. Kami tidak terbiasa dengan hal tersebut di Jerman dan anda harus menjaga berbagai hal tetap sederhana. Gol pertama Stoke City ke gawang Manchester United adalah contoh sempurna mengenai angin yang kencang. Pemain-pemain yang tidak berasal dari Britania Raya harus terbiasa dengan angin kencnag tersebut, “tuturnya.

Lantaran persoalan cuaca ini juga, Klopp harus melakukan adaptasi dan mengubah gaya permainanya.

Saya juga harus menyesuaikan gaya permainan saya. Seringkali, Anda dipaksa untuk menjaga segala sesuatunya tetap sederhana. Dan ada jauh lebih banyak duel untuk bola kedua di sini, dan lebih banyak duel secara umum. Itu membuat pertandingan makin intens,” katanya.

Selain persoalan cuaca, Klopp juga melihat adanya perbedaan antara wasit-wasit di Bundesliga dan wasit di Premier League.

“Wasit-wasit Inggris tak seperti kolega mereka di Jerman. Tentu saja Anda tak akan lolos dari pelanggaran-pelanggaran brutal, tapi duel-duel di sini lebih intens,” ujar Klopp.

“Duel-duel yang biasanya berujung pelanggaran di Jerman sering tak jadi masalah di sni,” katanya.