Don't Miss

Dua Klub Raksasa La Liga Paling Boros Dalam Hal Belanja Pemain

Bolaviking.com –  La Liga dan Liga Primer Inggris adalah kompetisi yang paling boros dalam hal belanja pemain. Di La Liga, Barcelona menjadi yang paling boros.

Dalam sebuah laporan yang di rilis Transfermarket, Barcelona menjadi klub yang paling boros. Akibat banyak mendatangkan pemain mahal, keuangan mereka mengalami defisit hingga 243 juta Euro (3,5 triliun Rupiah) dalam lima tahun terakhir.

Defisit itu terjadi tak lepas dari perekrutan beberapa pemain berharga tinggi. Sialnya, pengeluaran tak diimbangi dengan pemasukan. Puncaknya, defisit tertinggi yang dialami keuangan Barcelona terjadi tahun lalu sebesar 85 juta Euro (1,2 trilun Rupiah) di mana mereka mendatangkan pemain dengan harga tinggi seperti Neymar dan Luis Suarez.

Di posisi kedua, tim paling boros sehingga mengalami defisit keuangan adalah Madrid. Dalam lima tahun terakhir, El Real mengalami defisit sebesar 164 juta Euro (2,3 triliun Rupiah). Tapi, pengeluaran dan pemasukan Madrid pernah mengalami keseimbangan di musim 2012/2013.

Dalam hal penjualan pemain, Madrid lebih unggul dibandingkan Barcelona. Los Merengues mampu melepas pemain-pemainnya dengan harga tinggi, seperti Angel Di Maria senilai 75 juta Euro (1,1 triliun Rupiah), Mesut Ozil senilai 45 juta Euro (654 miliar Rupiah), dan Gonzalo Higuain senilai 37 juta Euro (538 miliar Rupiah).

Di posisi ketiga hingga kelima ditempati oleh Valencia (65 juta Euro atau 945 miliar Rupiah), Real Betis (7 juta Euro atau 101 miliar Rupiah), dan Deportivo La Coruna (1 juta Euro atau 14 miliar Rupiah).

Sementara itu, Sevilla menjadi klub dengan pemasukan terbanyak karena kebiasaan mereka membeli pemain murah dan menjualnya dengan harga tinggi. Tim asal Andalusia itu melepas empat pemain, Ivan Rakitic, Carlos Bacca, Jesus Navas, dan Alvaro Negredo. Total pemasukan dari empat pemain tersebut mencapai 105 juta Euro (1,5 triliun Rupiah).

agen bola