Don't Miss
Agen Bola

Jawaban FA Untuk Banding Chelsea

Bolaviking.com – Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) menolak banding Chelsea untuk kartu merah yang didapat penjaga gawangnya, Thibaut Courtois, pada laga lawan Swansea City, akhir pekan lalu.

Courtois mendapat kartu merah akibat mengganjal penyerang Swansea, Bafetimbi Gomis, di kotak penalti. Wasit merasa kartu merah layak diberikan karena Courtois menjadi orang terakhir yang menghalangi Gomis, sehingga jika ia berhasil dilewati, peluang Gomis mencetak gol lebih dari 90 persen.

Namun Chelsea berpendapat lain. Ada bek tengah John Terry yang berlari ke arah Gomis, yang diyakini bisa menutup pergerakan Gomis setelah melewati Courtois. Selain itu, arah lari Gomis yang melebar ke sisi luar gawang dan bukannya ke sisi dalam diyakini kian memperkecil peluangnya mencetak gol.

Penalti yang kemudian dieksekusi oleh Gomis sendiri menyeimbangkan keduudkan menjadi 2-2 dan bertahan hingga usai.

“Klaim keputusan yang salah dalam pengusiran pemain yang diajukan oleh Chelsea terkait Thibaut Courtis dinyatakan tidak sukses setelah melewati dengar pendapat Komisi Peraturan Independen,” demikian pernyataan resmi dari FA.

“Sang kiper diusir karena menghilangkan peluang mencetak gol yang sangat besar pada menit ke-52 pertandingan Chelsea lawan Swansea City di Stamford Bridge pada Sabtu (8 Agustus 2015. Karena itu, hukuman larangan bermain satu pertandingan, yang menjadi hukuman standar untuk pelanggaran ini, tetap berlaku secepatnya,” lanjut FA.

Menurut FA, jika sebuah klub ingin berhasil dalam mengajukan klaim, klub bersangkutan harus memiliki bukti tertulis dan/atau rekaman video yang dibuktikan kepada Komisi Peraturan Independen bahwa wasit melakukan kesalahan yang jelas.

Dengan demikian, Courtois harus absen saat Chelsea menghadapi Manchester City akhir pekan depan. Asmir Begovic menjadi calon kuat penggantinya.