Agen Bola

Jurgen Klopp Beri Dampak Bagi Permainan Liverpool

Majalah bola – Pada debut Jurgen Klopp sebagai pelatih The Reds yang berakhir dengan skor 0-0 di White Hart Lane. Meski berakhir dengan tanpa gol, secara statistik membuktikan Klopp langsung memberikan dampak yang signifikan bagi pola permainan Liverpool.

Bermain tanpa tiga penyerang senior dan waktu persiapan yang singkat, pelatih berkebangsaan Jerman itu membuat pasukan dari Merseyside tampil agresif. Pada saat tidak menguasai bola, para pemain The Reds selalu bergerak menekan lawan sepanjang laga, mirip dengan apa yang disuguhkan Borussia Dortmund beberapa tahun terakhir.

Jurgen Klopp memiliki keyakinan, seiring dengan berjalannya waktu Liverpool bakal makin berkembang. “segalanya akan lebih baik jika kami sudah bekerja bersama selama enam minggu,” ujar Klopp dalam jumpa pers usai pertandingan.

Berdasarkan EA SPORTS Player Performance Index, di dua laga sebelumnya masing-masing lawan Manchester City dan Swansea, Tottenham selalu unggul dalam jarak berlari. Jika digabungkan dari dua laga tersebut, jarak lari para pemain Spurs lebih banyak 19 km. Namun saat menjamu Liverpool, jarak lari mereka 1,2 km lebih sedikit dari tim tamu.

Jurgen Klopp Beri Dampak Bagi Permainan Liverpool

The Lilywhite kerap kehilangan bola akibat pressing ketat dari lini tengah Si Merah yang dihuni James Milner, Adam Lallana dan Philippe Coutinho. Catatan khusus untuk Milner yang paling aktif saat Liverpool tidak menguasai bola. Gelandang Inggris itu mencatat jarak berlari 13,1 km dan 82 sprint, lebih banyak dari pemain manapun di pertandingan tersebut.

Liverpool sendiri mencatat jarak berlari 116 km di White Hart Lane, hampir 10 km lebih banyak dari laga sebelumnya. Para pemain Liverpool total juga menghasilkan 614 sprint, catatan terbaik mereka musim ini. Jumlah itu lebih banyak 140 dari rata-rata musim lalu.

Jurgen Klopp Beri Dampak Bagi Permainan Liverpool

Statistik ini paling tidak membuktikan para pemain Liverpool langsung memberi respon positif dengan menjalankan instruksi dan keinginan Jurgen Klopp.