Agen Bola

Kisah Perjalanan Arda Turan Dari Ball-Boy Kini Jadi Pemain Barca

Bolaviking.com – Sungguh unik perjalanan karier Arda Turan. Tiga belas tahun silam, pria kelahiran Istanbul ini cuma memungut bola tendangan pemain Barcelona yang bertanding. Kini, ia telah ditahbiskan sebagai anggota anyar La Blaugrana.

Turan mengawali karier juniornya bersama Galatasaray pada 2000. Ketika itu, Turan muda bekerja sampingan sebagai ball-boy di Stadion Ali Sami Yen, yang dulu digunakan oleh Galatasaray.

Saat masih muda, Turan sudah punya kenangan dengan Barcelona. Galatasaray sempat menjamu Barcelona pada fase grup Liga Champions, 19 Maret 2002. Luis Enrique menjadi pencetak gol tunggal laga tersebut.

Salah satu ball-boy dalam pertandingan itu adalah Turan. Ada beberapa bintang seperti Patrick Kluivert dan Rivaldo di skuad La Blaugrana saat itu. Tak heran, setelah pertandingan, Turan coba mencari barang-barang yang sempat dikenakan mereka.

Pemain belakang Barcelona, Philippe Christanval, sempat menghampiri dan memberikan sarung tangan kepada Turan. Hingga kini, kenang-kenangan tersebut masih tersimpan di kediaman keluarga Turan di Bayrampasa, Istanbul, Turki.

Turan mungkin tak pernah menyangka, sang pemain Barcelona yang membobol gawang Galatasaray, bakal menjadi pelatihnya kelak. Berkat permintaan khusus Enrique pula, Barcelona merekrut Turan dari Atletico Madrid.