Agen Bola

Madrid Dihantui Catatan Buruk Jumpa Tim Italia

Majalah bola – Real Madrid bakal jumpa AS Roma di babak 16 besar Liga Champions Eropa. Madrid dihantui catatan buruk jumpa tim asal Italia selama 28 tahun terakhir.

Jika melihat pada  capaian di fase grup, Madrid tentu lebih diunggulkan ketimbang Roma. Los Blancos lolos sebagai juara Grup A tanpa sekalipun kalah. Bahkan, Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan mampu mencetak 19 gol dari enam pertandinga, menjadikan mereka tim paling subur di penyisihan.

Sedangkan, lolosnya Roma ke 16 besar bisa dikatakan sedikit berbau keberuntungan. Di laga pamungkas Grup E mereka berhasil menahan imbang BATE Borisov 0-0 sedangkan di pertandingan lainnya Barcelona juga bermain imbang 1-1 kontra Bayer Leverkusen.

I Giallorossi lolos sebagai runner up dengan keuntungan head to head dari Leverkusen.

Meskipun demikian, bukan perkara mudah bagi Madrid menyingkirkan Roma bila mengacu pada catatan sejarah. Dalam 28 tahun Los Blancos belum sekalipun mampu melewati hadangan tim asal Italia.

Terakhir kali Madrid menang dari klub Italia di musim 1987-88, saat itu El Real mengalahkan Napoli yang diperkuat Diego Maradona.

Madrid dua kali disingkirkan AC Milan, satu kali oleh Torino dan Juventus menjadi tim yang paling sering mengandaskan langkah Madrid, yaitu empat kali.

Catatan pertemuan terakhir Madrid dan Roma terjadi di babak 16 besar musim 2007-08. Di leg pertama, Il Lupi meraih kemenangan 2-1 di Olimpico, sedangkan di pertemuan kedua Roma lagi-lagi menang 2-1 berkat gol Mirko Vucinic di masa injury. Serigala ibu kota menang agregat 4-2.

Secara keseluruhan, keduanya sudah berjumpa sebanyak sepuluh kali. Keduanya sama-sama meraih empat kemenangan sedangkan sisanya berakhir imbang.

“Roma adalah tim kuat, mereka akan sangat siap untuk laga tersebut dan mereka bersaing dengan baik. Jika kami menganggap kami adalah favorit maka itu tidak akan baik,” kata direktur umum Madrid, Emilio Butragueno.

“Kami akan menghadapi laga tersebut dengan perhatian dan konsentrasi maksimum, memikirkan setiap detail, karena detail tersebut mungkin menentukan,” ia memungkasi.

Roma terleih dahulu menjamu Madrid di Olimpico tanggal 17 Februari 2016 kemudian ganti bertandang ke Santiago Bernabeu tanggal 8 Maret 2016.