Don't Miss

Mampukah Arsenal Akhiri Kutukan Lima Musim Terakhir

Majalah bola – Hasil undian babak 16 besar Liga Champions Eropa 2015-16 mempertemukan Arsenal dengan Barcelona. Mampukah The Gunners meruntuhkan hegemoni Los Blaugrana dan mengakhiri kutukan lima musim terakhir.

Arsenal lolos dari Grup E sebagai Runner up setelah di laga pamungkas berhasil mengalahkan Olympiakos dengan skor 3-0. The Gunners pun berhasil mengulangi tradisi selalu lolos ke babak 16 besar dalam 16 musim keikutsertaan mereka di Liga Champions Eropa.

Sayangnya, Meriam London punya catatan buruk bermain di 6 besar. Dalam lima musim terakhir, mereka tak sekalipun berhasil lolos ke perempatfinal. Musim lalu, mereka disingkirkan oleh AS Monaco karena kalah produktifitas gol tandang setelah agregat imbang 3-3.

Melihat performa Barcelona musim ini sebagai juara bertahan membuat langkah Arsenal terasa semakin berat. Di kompetisi La Liga Spanyol, skuad asuhan Luis Enrique masih memimpin klasemen serta sepanjang fase grup Lionel Messi dan kawan-kawan tampil superior, 16 poin mereka kumpulkan dari enam pertandingan.

Tak sampai disitu, jika melihat determinasi permainan, Azulgrana menjadi tim paling produktif di fase grup setelah Real Madrid. Ada 15 gol yang berhasil dibuat serta gawang mereka hanya kemasukan empat gol.

Perjumpaan kembali dengan Barca seperti mengulang laga final 2006 dan perempatfinal musim 2009-10 dan 2010-11 yang mana Arsenal selalu kalah dari Los Blaugrana.

Arsenal boleh jadi kurang beruntung ketika nasib mempertemukan mereka dengan Barcelona di 16 besar Liga Champions. Dari 7 pertemuan terakhir mereka, Barcelona 4 kali menang, sedangkan Arsenal baru sekali menang.

Skuad Arsene Wenger boleh saja mencuatkan optimisme menyusul performa stabil mereka di kompetisi domestik. Namun, mereka juga harus tetap ‘Siaga 1’ karena lawan yang dihadapi adalah klub bermaterikan pemain bintang.

“Semua terserah kami untuk membuat sebuah gebrakan bagus. Kami memiliki pemain kelas dunia dan itu akan menjadi dua pertandingan fantastis,” kata perwakilan Arsenal dalam acara pengundian, David Miles.

Menarik untuk dinantikan apakah Arsenal mampu meruntuhkan dominasi Barcelona atau justru mereka yang kembali memperpanjang kutukan di fase 16 besar.

Arsenal terlebih dahulu menjamu Barcelona di Emirates Stadium tanggal 23 Februari 2016, selanjutnya ganti bertandang ke Nou Camp tanggal 16 Maret 2016.

agen bola