Don't Miss
Agen Bola

Manchester City Dapat Suntikan Dana Segar Dari Investor China

Majalah bola – Kekuatan finansial Manchester City telah dipatikan akan semakin kuat. Ini setelah tercapainya kesepakatan bernilai 400 juta dollar AS atau setara dengan 5,5 T rupiah antara owner mereka, City Football Group, dengan konsorsium China, CMC Holdings.

Kesepakatan ini bisa dibilang sebagai lanjutan dari kunjungan Presiden China, Xi Jinping, ke City Football Academy pada 23 Oktober lalu di mana dirinya bertemu dengan Khaldoon Al Mubarak selaku Chairman dari City Fooball Group (CFG) dan juga Manchester City. Kala itu Jinping sedang melakukan kunjungan ke bilateral ke Inggris untuk bertemu dengan Perdana Menteri David Cameron.

Usai melewati sebulan lebih dan akhirnya tercapai kesepakatan antara CFG dengan CMC Holdings, di mana konsorsium asal China tersebut berhak memiliki 13 persen saham grup asal Abu Dhabi itu sekaligus menempatkan Presiden mereka, Ruigang Li, sebagai anggota ketujuh jajaran pemegang saham CFG.

CMC Holdings adalah konsorsium besar yang bergerak di bidang olahraga, media, hiburan, dan penyedia jasa layanana internet

Lewat kerjasama tersebut, City sebagai salah satu anggota CFG, berupaya melebarkan sayapnya hingga ke China, yang berstatus sebagai negara berpenduduk terbanyak di dunia. City berharap dapat merangkul sebanyak-banyaknya fans baru dari ‘Negeri Tirai Bambu’ tersebut. Selain itu, City juga ingin punya andil dalam perkembangan sepakbola di negara itu.

“Sepakbola adalah olahraga yang paling dicintai, paling sering dimainkan, dan ditonton orang-orang di China. Laju pertumbuhan olahraga itu di sana sangat unik dan menarik,” ujar Chairman City dan City Football Group Khaldoon Al Mubarak seperti dikutip situs resmi City.

“Kami sudah bekerja keras untuk menemukan rekan yang tepat dan membuat sebuah kesepakatan untuk meningkatkan potensi-potensi luar biasa yang ada di China, baik untuk CFG dan sepakbola secara luas,” sambungnya.

CFG sendiri tak cuma membawahi City, namun sejumlah klub di negara lain seperti Melbourne City FC, New York City FC, serta memiliki saham di klub Liga Jepang Yokohama Marinos.