Don't Miss

Perbandingan Sterling Dengan Pemain Man City

Bolaviking.com – Kecuali Joe Hart, pemain-pemain asal Inggris nyaris tidak dapat tempat di starting line-up Manchester City. Setelah ditebus dengan 49 juta poundsterling bagaimana Raheem Sterling akan bersaing dengan penggawa-penggawa The Citizens?

Pemain Inggris terakhir yang pergi dari Etihad Stadium demi mendapatkan jam main yang lebih banyak adalah James Milner. Langkah yang sama sebelumnya sudah lebih dulu diambil Micah Richards, Jack Rodwell dan Scott Sinclair.

Sterling datang ke City dengan melibatkan uang dalam jumlah sangat besar. Transfer sebesar 49 juta poundsterling menjadikan dia pemain termahal Inggris, sementara gaji barunya akan diyakini akan berkisar antara 160 sampai 180 ribu poundsterling sepekan.

Meski belum meraih trofi, Streling banyak dapat penilaian bagus dari beberapa pelatih. Tahun lalu Brendan Rodgers membandingkan Sterling dengan Alexis Sanchez. Sementara terkait rumor yang menyebut Real Madrid juga membidik Sterling, Rafael Benitez mengaku kalau dia mengagumi pemuda kelahiran 1994 itu. “Kami mengagumi Sterling, itu bukan rahasia,” sahut Benitez beberapa waktu lalu.

Belakangan sebuah penelitian mengklaim kalau Sterling adalah salah satu pemain muda paling potensial di Eropa. Dia diprediksi bernilai 35 juta poundsterling.

Tapi bagaimana Sterling akan bersaing dengan pemain-pemain sayap City? Ataukah bisakah dia bermain di belakang striker? Sterling akan menjalani persaingan yang tidak mudah karena dia akan berkompetisi dengan Samir Nasri, Jesus Navas dan David Silva.

Satu keunggulan Sterling yang sudah jelas adalah soal usia muda dan kecepatan. Sterling baru 20 tahun saat ini, sementara Silva dan Navas sudah 29 tahun, sedangkan Nasri berumur 28 tahun.

“Melihat starting City saat ini, Sergio Aguero adalah jangkar tim. Saya tidak melihat Sterling akan bermain dalam posisi yang akan berpengaruh pada hal itu. Dengan Yaya Toure dan David Silva berada di posisi penyokong, mungkin dia (Sterling) akan melebar. Saya tidak berpikir dia akan otomatis jadi starter, kecuali ada sesuatu yang luar biasa terjadi di pramusim. Saya tidak melihat dia akan bisa langsung mendobrak masuk starting line up,” analisa mantan kapten City, Rodney Marsh.

Sterling membuat tujuh gol dari 35 penampilan di Premier League musim lalu, termasuk 7 assist dan 62 shots. Penampilan Sterling menurun drastis di paruh kedua musim, di mana dia cuma membuat satu gol di 15 pertandingan terakhir bersama The Reds. Pembicaraan kontrak yang tak kunjung menemui titik temu dianggap memengaruhi performanya.

Dengan statistik seperti itu, Sterling lebih tajam dari dua pemain sayap City yakni Nasri (2 gol) dan Navas (0 gol). Tapi dia masih kalah produktif dibanding Silva (12 gol) dan Toure (10 gol).

Sterling juga tidak kalah oke dalam hal melepas assist. Assist Sterling yang berjumlah tujuh cuma kalah dari Navas (8), sementara Nasri membuat enam dan Toure membuat satu.

agen bola