Don't Miss
Agen Bola

Persipura Berhasil Memenangkan Pertandingan Melalui Adu Penalti

Majalah bola – Laga sengit dimainkan oleh Semen Padang melawan Persipura Jayapura di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, pada Selasa 17 November dalam lanjutan Piala Jendral Sudirman. Usai bermain imbang 2-2 di waktu normal, Persipura berhasil menekuk Semen Padang di babak adu penalti dengan angka 5-3.

Semen Padang membuka kesempatan melalui sepakan bebas Yu Hyun Koo pada menit ke-2. Bola hasil sepakan pemain asal Korea Selatan ini meluncur deras. Bola yang mengarah ke gawang mampu dibuang oleh Selsius Gebze.

Selanjutnya Persipra bermain begitu tenang. Trio Nelson Alom, Manu Wanggai dan Ian Kabes terlihat begitu baik dalam memainkan tempo pertandingan. Namun, mereka cukup sulit masuk ke kotak penalti Semen Padang.

Cristoper Sibi mengancam gawang Semen Padang pada menit ke-15. Setelah menari di kotak penalti, pemain muda Persipura ini melepas sepakan melengkung yang masih menyamping tipis di gawang kawalan Jandia Eka Putra.

Melalui skema serangan balik cepat Irsyad Maulana mampu menggetarkan gawang Persipura. Pada menit ke-28, menerima umpan jauh dari belakang Irsyad melakukan umpan satu sentuhan dengan Hendra Bayauw. Eks pemain Arema Cronus tersebut lantas mengakhirinya dengan sepakan keras dari luar kotak penalti.

Angka bertambah untuk Semen Padang saat Yu Hyun Koo melepas tendang jarak jauh yang gagal diantisipasi dengan baik oleh Selsius Gebze pada menit ke-36. Namun, Persipura hanya butuh satu menit untuk membalas gol tersebut lewat aksi Robertino Pugliara.

Playmaker asal Argentina tersebut terlebih dahulu melewati dua pemain Semen Padang sebelum melepas tendangan dari luar kotak penalti. Tiga gol dari tendangan jarak jauh ini sekaligus menjadi hasil akhir di babak pertama, skor 2-1 untuk keunggulan Semen Padang.

Semen Padang mengambil inisiatif pada babak kedua. Bermodalkan kecepatan Irsyad Maulana dan Hendra Bayauw mereka beberapa kali merepotkan barisan belakang Mutiara Hitam.

Skema sepakan jarak jauh masih menjadi andalan kedua kubu di babak kedua ini untuk membobol gawang lawan. Usaha terbaik dilepas oleh Ia Kabes pada menit ke-56 namun masih sedikit melambung dari gawang.

Dua peluang emas dilewatkan begitu saja oleh pemain Semen Padang untuk menambah angka. Pada menit ke-62 dan 63 secara bergantian Nur Iskandar dan Hendra Bayauw gagal mengeksekusi peluang yang mereka dapatkan dengan baik.

Berulang kali Ian Kabes dan Robertino terus menggempur pertahanan Kabau Sirah. Namun, aksi Hengki Ardiles dkk yang memilih menunggu di area dekat kotak penalti membuat pemain Persipura kesulitan menembus pertahanan.

Persipura mendapatkan peluang untuk menyamakan kedudukan pada menit ke-84. Wasit Najamudin Aspiran mendakwa Mamadou El Hadji melakukan handball di dalam kotak penalti. Protes keras dilancarkan oleh pemain Semen Padang. Bahkan mereka sempat berkumpul di tepi lapangan sebagai bentuk protes. Namun, mereka akhirnya tetap melanjutkan pertandingan.

Begitu laga berjalan, Ian Kabes yang tampil sebagai eksekutor penalti dengan tenang menjalankan tugasnya. Skor menjadi imbang 2-2 saat laga memasuki menit ke-88. Skor ini bertahan hingga akhir, pertandingan dilanjutkan lewat adu penalti untuk menemukan pemenang.

Persipura akhirnya unggul dengan skor 5-3 pada babak adu penalti ini. Lima penendang Persipura sukses menjalankan tugasnya dengan baik, sementara pemain Semen Padang, Rudi, menjadi satu-satunya penendang yang gagal melaksanakan tugasnya pada laga ini.

Adu Penalti
Persipura:
Bio Paulin – Gol
Lukas Mandown – Gol
Feri Pahabol – Gol
Nelson Alom – Gol
Ian Kabes – Gol

Semen Padang:
Hendra Bayauw – Gol
Nur Iskandar – Gol
Irsyad Maualana – Gol
Rudi – Gagal

Berikut Susunan Pemain:

Semen Padang: Jandia Eka; Hengki Ardiles, Saepuloh Maulana, Mamadou El Hadji, Ricky Ohorela; Yu Hyun Koo, Vendry Mofu, Leo Guntara, Alwi Slamat; James Koko, Nur Iskandar.

Persipura: Selsius Gebze; Yustinus Pae, Ricardo Salampesy, Bio Paulin, Gerald Pangkali; Nelson Alom, Imanuel Wanggai, Ian Kabes, Robertino Pugliara, Ronald Setmop, Cristopher Sibi.