Agen Bola

PSSI: Kemungkinan Ada Pengaturan Skor di PJS

Majalah bola – Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) selaku penanggung jawab kegiatan sepak bola di seluruh tanah air mencium adanya pengaturan hasil pertandingan di turnamen Piala Jenderal Sudirman yang digagas oleh Tentara Nasional Indonesia (TNI) dengan operator Mahaka Sport and Entertainment.

Dugaan adanya pengaturan hasil pertandingan yang menguntungkan pihak ketiga terendus PSSI setelah melakukan monitoring sejak Piala Jenderal Sudirman bergulir. Turnamen yang diikuti oleh 14 klub Indonesia Super League (ISL) dan satu tim amatir, PS TNI, mulai bergulir pada 14 November 2015 yang lalu dan dijadwalkan berakhir 24 Januari 2016 mendatang.

Sebagai langkah konkrit, PSSI berencana menggandeng TNI dan Panpel untuk bersama-sama membongkar praktek tersebut.

“Guna membuktikan indikasi kecurangan tersebut, PSSI secara resmi akan mengirimkan surat sekaligus berkoordinasi dengan Panglima TNI dan ketua panitia penyelenggara turnamen Piala Jenderal Sudirman,” kata anggota Komite Etik PSSI, Haryo Yuniarto, kepada wartawan, Jumat (27/11/2015).

Menurut Haryo, monitoring dilakukan PSSI sebagai bentuk tanggung jawab terhadap sportifitas kegiatan sepak bola di tanah air termasuk perhelatan Piala Jenderal Sudirman.

Haryo menambahkan Ketum PSSI, La Nyalla Mahmud Mattalitti, telah menugaskan Sekretaris Jenderal PSSI, Azwan Karim, untuk melakukan komunikasi atau membantu pihak penyelenggara untuk memberantas oknum-oknum yang tak bertanggung jawab dengan melakukan pengaturan hasil pertandingan.

“Pak Nyalla selaku Presiden PSSI telah menugaskan Sekjen PSSI, Azwan Karim, serta jajaran pengurus yang terkait dengan pertandingan bersama Komite Etik PSSI untuk membantu Panglima TNI dan ketua panitia penyelenggara membersihkan oknum-oknum yang diduga terlibat dalam pengaturan pertandingan untuk kepentingan pihak ketiga,” ujarnya.

“Apakah tim tersebut nantinya akan melibatkan Kepolisian, sepenuhnya tergantung dari hasil koordinasi antara PSSI dengan Panglima TNI dan ketua panitia penyelenggara turnamen ini dalam waktu dekat,” pungkasnya.