Don't Miss
Agen Bola

Spanyol Memaksa Ukraina Jalani Babak Playoff

Majalah bola – Spanyol meraih kemenangan tipis 1-0 atas Ukraina di pertandingan terakhir fase grup kualifikasi Piala Eropa 2016. Hasil tersebut memaksa Ukraina menjalani babak playoff untuk meraih satu tiket ke putaran final.

Dalam pertandingan yang digelar di Olympic Stadium Kiev, Selasa (13/10/2015) dini hari WIB, Spanyol tampil dominan dalam penguasaan bola. Namun, tuan rumah yang butuh kemenangan tampil agresif dan mendapatkan sejumlah peluang bagus.

Dari statistk yang dicatat situs Uefa, La Furia Rojas mencatatat 58 persen penguasaan bola. Tapi soal jumlah percobaan yang dibuat, tuan rumah lebih unggul dengan melepaskan 27 kali shoots dengan 11 diantaranya tepat sasaran.

Saat pertandingan baru berjalan empat menit, gawang Spanyol hampir saja kemasukan gol. Berawal dari umpan silang Artem Kravets dari sisi kiri, bola mampu disambar Denis Garmash yang luput dari pengawalan bek Spanyol. Untung saja bola melebar tipis dari gawang David de Gea.

Serangan Ukraina di menit ke-15 memaksa De Gea melakukan dua kali penyelamatan. Ia menggagalkan usaha Kravets dan Ruslan Rotan.

Mendapat tekanan, Spanyol malah mampu membuka keunggulan di menit ke-22. Umpan Thiago Alcantara dari sayap kiri dibelokkan Mario Gaspar menggunakan sundulan, gol !! 1-0 Spanyol memimpin.

Tiga menit berselang, Tim Matador sebenarnya punya peluang emas menggandakan angka. Mendapat tendangan penalti, Cesc Fabregas gagal menjalankan tugasnya setelah sepakan penaltinya mampu digagalkan kiper lawan.

Di paruh kedua Ukraina terus menggempur pertahanan Spanyol guna menyeimbangkan keadaan dan mencetak gol kemenangan. Spanyol patut berterima kasih kepada De Gea, kiper Manchester United itu tercatata melakukan sepuluh kali penyelamatan.

Hingga pertandingan usai, skor 1-0 bagi kemenangan Spanyol tak berubah. Dengan hasil ini, Spanyol kokoh di puncak klasemen Grup C dengan nilai 27 dari sepuluh laga. La Furia Roja mengantongi sembilan kemenangan serta menelan satu kekalahan.

Bagi Ukraina, kekalahan ini membuat mereka berada di urutan ketiga klasemen akhir dengan mengemas 19 poin. Di saat bersamaan, Slovakia meraih kemenangan 4-2 dari Luksemburg yang membuat mereka merebut posisi kedua dengan nilai 22.

Ukraina harus melewati babak playoff terlebih dahulu untuk memastikan satu tiket ke putaran final Prancis 2016.