Agen Bola

Thomas Tuchel Berharap Ada Babak Play-off Untuk Juara Bundesliga

Berita Bola – Manager utama Borussia Dortmund Thomas Tuchel mendukung wacana untuk menentukan juara Liga Jerman atau Bundesliga lewat sistem play-off. Menurut mantan pelatih Mainz 05 hal tersebut bukanlah ide yang buruk.

“Saya tidak berpikir play-off yang terlalu mengada-ada. Saya pada dasarnya sangat terbuka untuk perubahan aturan,” kata Tuchel seperti dikutip dari Goal.

Lewat sistem play-off itu, maka juara Bundesliga tak akan lagi diraih peringkat pertama. Titel itu akan diperebutkan empat tim teratas di klasemen akhir.

Kurun waktu 10 tahun terakhir, titel Bundesliga dikuasai Bayern Munich. Bahkan, dalam empat tahun terakhir trofi itu tak pernah pergi dari Allianz Arena–markas Munich.

Dortmund pernah menyalip dominasi Munich saat menjadi juara pada musim 200/11 dan 2011/12 bersama Juergen Klopp. Selain itu, Wolfsburg dan Stutgart juga bisa menyalip dominasi Munich walau hanya semusim.

Musim ini, di bawah kepelatihan baru, Carlo Ancelotti pun Munich terlihat akan kembali mendominasi. Dari tiga pekan yang dilewati, Munich menempati puncak klasemen dengan hasil sempurna dengan mencetak 11 gol dan hanya sekali kebobolan.

Di tempat kedua adalah Hertha Berlin. Meski sama memiliki kemenangan sempurna dalam tiga pekan, Berlin kalah selisih gol dari Munich.

Sementara Dortmund saat ini berada di peringkat kelima setelah mengoleksi dua kemenangan dan satu kekalahan.

Wacana tentang babak play-off untuk mencari juara Bundesliga itu kali pertama dilontarkan mantan presiden Liga Sepak Bola Jerman (DFL) yang kini menjabat kepala eksekutif Bayer Leverkusen, Wolfgang Holzhauser.

Kepada majalah olahraga Jerman, Kicker, seperti dikutip dari Euro Sport, Holzhauser mengatakan penerapan babak play-off itu lebih relevan dibandingkan sistem peringkat yang dipakai saat ini.

Ia melontarkan ide itu setelah melihat sistem kompetisi yang dianut dalam olahraga permainan di Amerika Serikat. Di ‘Negeri Paman Sam’ itu semua kompetisi olahraga permainan ditentukan pemenangnya lewat babak play-off, termasuk kompetisi sepak bola (MLS).

Ada 12 tim yang bermain di kompetisi reguler MLS dan empat teratas kemudian akan bermain di babak play-off untuk merebut trofi juara.

“Ini juga menjadi banyak pertimbangan banyak orang [di Jerman untuk Bundesliga]. Tak bagus ketika kamu sudah tahu siapa yang akan menjadi juara ketika Oktober [atau sekitar tujuh bulan jalannya kompetisi tersisa],” kata Holzhauser.